Minggu, 31 Agustus 2008

940 Kafilah Siap 'Bertarung'

(TANJUNGBALAI) - Malam ini, Sabtu (17/5), Menteri Agama Kabinet Indonesia Bersatu, Muhammad Maftuh Basyuni akan membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Ke 31 Tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah, Kota Tanjungbalai. 940 Kafilah siap 'bertarung'.

Walikota Tanjungbalai sekaligus Ketua Umum Panitia Penyelenggara MTQN Ke 31 Tingkat Provinsi, dr H Sutrisno Hadi, SpOG, kepada pers di aula bundar Kantor Walikota Tanjungbalai menyatakan itu, Jumat (16/5). Turut mendampingi walikota, Sekdakot Tanjungbalai sekaligus Ketua Pelaksana MTQN Ke 31, Ir H Darwin Zulad, MSi, Asisten Pemerintahan, Drs H Rusman Harahap, Drs Ahmad Senaan dan Kabid Dokumentasi, Publikasi dan Humas, Dra Darul Yana Siregar.

"Insya Allah, besok sekitar pukul 14:30, Menag sudah hadir di Tanjungbalai untuk membuka secara resmi pelaksanaan MTQN Ke-31 Tingkat Provinsi," kata walikota.

Dikatakan, pelaksanaan MTQN Sumut tahun ini, berbeda dari pelaksanaan sebelumnya. "Sebab seluruh MTQN Tingkat Sumut yang telah dilaksanakan, baru kali ini dibuka secara resmi oleh Menteri Agama didampingi Gubsu, Rudolf M Pardede. Jadi ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Tanjungbalai, karena Menag mau hadir kemari," jelas walikota.

940 kafilah siap bertarung
Walikota Tanjungbalai menyatakan, 940 kafilah utusan 31 kabupaten/kota, Perguruan Tinggi, PTPN dan PT London Sumatera siap bertarung mengikuti perlombaan MTQN ini. "Seluruh kafilah utusan daerah, perguruan tinggi, PTPN dan PT Lonsum telah ditempatkan di pemondokan masing-masing, dan mereka sudah siap mengikuti pertandingan," tukas walikota.

Pertandingan MTQN Ke 31 dimulai Minggu (18/5) di enam tempat berbeda. Untuk cabang Musabaqah Tilawah Remaja dan Dewasa, dilaksanakan di arena utama Lapangan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah.

Cabang Tilawah anak-anak, Tartil Qur'an dan cabang tuna netra dipusatkan di arena II Mesjid Taqwa Jalan Taqwa, Tahfiz 1 juz dan 5 tilawah di arena III Mesjid Jamiissabil, Tahfiz 10 juz, 20 juz dan 30 juz dilaksanakan di Mesjid Raya.

Sementara Tafsir Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab dilaksanakan di arena V Mesjid Nurul Iman Jalan MT Haryono, Syahril dan Fahmil Qur'an serta Kaligrafi Golongan Mushab dilaksanakan di arena VI Gedung Serba Guna Jalan Jenderal Sudirman Km 4,5.